LKMM 2019/2020 MEMBANGUN BUDAYA INTELEKTUAL dan AKTIVITAS MAHASISWA TAHUN 2020

LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA 2020
Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antar perguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Tujuan LKMM adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen untuk mengelola dirinya sendiri sebagai mahasiswa dan mahasiswa yang mampu mengelola Organisasi Kemahasiswaan.

Dengan bekal yang diberikan di dalam LKMM diharapkan mahasiswa sebagai insan dewasa tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga yang mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang.
DASAR
Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
1. Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi.
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
TUJUAN
LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan manajerial. Secara khusus tujuan tersebut di atas dapat di jabarkan sebagai berikut:
1. Mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
2. Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi.
3. Mahasiswa memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
4. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
5. Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.

Pada konteks kampus STPMD “APMD” penyelenggaraan LKMM yang pernah dilakukan terasa masih terlalu umum, besar dan belum disesuaikan dengan situasi sosiologis dan kultur mahasiswa baru. Melihat latar belakang tersbut, maka mulai tahun 2020 penyelenggaraan LKMM mencoba mengambil jalur berbeda dengan harapan berbagai materi yang diberikan tidak terasa terlalu jauh dari realita kondisi mahasiswa. Sebagi bekal pondasi kaum intelektual, materi yang diberikan terkait dengan konsep-konsep dasar berpikir sistematis, mampu menuangkan gagasan dan pendapat melalui proses komunikasi verbal, tulisan dll, lalu ditindak lanjuti dengan agenda intelektual baik pribadi dan organisasi yang terkoneksi dengan semangat tradisi berdesa yang dikembangkan Sekolah Tinggi. Meski dalam masa pandemi covid-19, LKMM tetap diupayakan diberikan melalui zoom yang akan melibatkan sekitar 200 peserta dengan narasumber terpilih sesuai kompetensi masing-masing.
Penyelenggaraan LKMM bukanlah program rutin tanpa makna, sehingga ia harus mampu mendukung kapasitas intelektual dan prinsip berpikir kritis yang terhubung dengan pembelajaran yang tersusun sebagaimana yang terdapat dalam peta kurikulum di semua prodi. Dengan begitu, mahasiswa didorong aktif berpartisipasi dan mendiskusi secara mendalam berbagai konsep dan fakta kemudian mampu merumuskan solusi alternatif dalam mengatasi kondisi ketidak-majuan masyarakat. Agenda aksi selanjutnya dilakukan melalui organisasi kemahasiswaan yang ada maupun komunitas-komunitas epoistemik keilmuawan yang dikembangkan atas dasar kepentingan maju bersama.

Latihan ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 8 Desember 2020, 10 Desember 2020, dan 11 Desember 2020, secara online, dengan nara sumber sebagai berikut:

1. Etika Mahasiswa Dr. Irsasri
2. Membaca, Berdiskusi dan Menulis Fatih Gama Abisono Nasution, S.IP., M.Si
3. Akademik : Wakil Ketua I
4. Administrasi dan sarana lingkungan: Wakil Ketua II
5. Regenerasi organisasi kemahasiswaaan : Wakil Ketua III

Yogyakarta, 27 September 2021
UPT PKP